SELAMAT DATANG - مرحبا بك وشكرا

Jumat, 15 Juni 2012

MEMILIH ANAKAN AYAM KETAWA

Sebenarnya ada aturan tidak tertulis bagi hobis pemula yang ingin membeli Ayam Ketawa umur anakan 1 sampai dengan 2 bulan, jarang dijual dengan alasan kesehatannya masih pasif.
Masih perlu divaksin, meski sudah divaksin itupun harus menunggu umur aman apalagi pengirman sampai luar pulau.
Vaksin yang diperlukan untuk anakan Ayam Ketawa adalah ND, Kumoro dan AI.
Anakan Ayam Ketawa yang berumur 1 sampai dengan 2 bulan, mungkin hampir sama dengan anakan ayam kampung cirinya, baik dari warna maupun ukuran, bentuk dan gerak geriknya, Ayam Ketawa seumuran ini masih belum mengeluarkan cirri khasnya sebagai Ayam Ketawa .
Karena suaranya masih berkotek seperti halnya anak ayam jenis kebanyakan.
Kawasan Sidrap (sidenreng Rappang) selama ini dikenal masyarakat sebagai lumbung padi Sulawesi selatan, namun sebenarnya daerah dengan tanah subur ini memiliki satu potensi unggulan di bidang perunggasan yang belum dibudidayakan secara maksimal.
Di daerah sidrap terdapat satu jenis ayam yang berbeda dengan ayam yang selama ini kita kenal karena memiliki ciri khas dari suara yang sangat unik kalau berkokok.
Secara pisik ayam ketawa tersebut hampir sama dengan ayam biasa, Kokok Ayam Ketawa Sidrap, pada ujung suara kokok seperti orang tertawa, Jenis ketawanya bermacam-macam.
Didaerah asalnya ayam ketawa ini disebut Ayam Gaga’, tetapi karena suara kokoknya seperti orang yang sedang tertawa, maka dari itu disebut Ayam Ketawa.
Ayam Ketawa sangat langkah karena dari sejarah nya dahulu yang memelihara ayam ketawa rata-rata Bangsawan, dan merupakan symbol status sosial sehingga masyarakat sangat jarang memeliharanya karena ada perasaan segan dan hormat pada Rajanya ,sehingga perkembangan Ayam ketawa Sangat
terbatas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar