SELAMAT DATANG - مرحبا بك وشكرا

Senin, 07 Januari 2013

Format File Photoshop

Memilih Format File yang Tepat untuk ImageMari kita mengenal apa saja format file photoshop yang bisa diedit atau diolah dengan photoshop. Format file photoshop atau jenis format file photoshop banyak dan digunakan untuk bermacam-macam fungsi dan kegunaan. Namun perlu diketahui bahwa jenis format file yang beragam tersebut mempunyai ciri khusus dan mandiri. Maksudnya setiap format file photoshop ada karena bukan hanya sekedar ada. Mereka dibuat berdasarkan keunggulan terhadap suatu tujuan.
Semisal format file photoshop png dan gif bisa dibuat transparen atau berlubang. Jadi jika ada gambar yang ditimpa oleh format file photoshop tersebut maka gambar yang dibelakangnya bisa saja masih terlihat pada bagian transparen gambar tersebut (bagian yang berlubang). Kemudahan menggunakan kedua format file photoshop tersebut adalah kita tidak perlu lagi melakukan seleksi photoshop pada background atau latar yang biasanya ada pada gambar jpeg atau bmp (meskipun format file tersebut dibuat transparen atau berlubang sebelumnya).
Format png dan gif juga memiliki keunggulan pada size atau ukuran file yang kecil sehingga ringan untuk di load pada saat ditampillkan pada website atau blog. Ukuran kecil ini dikarenakan kompresi yang dilakukan sangat banyak, sayangnya ada efek samping, yaitu titik warnanya tidak setajam jpeg atau bmp. Oleh karena itu, banyak foto dan gambar yang beresolusi tinggi alias berkualitas akan disimpan menggunakan format file photoshop jpeg atau jepg untuk menjaga titk warnanya tetap tajam.
Nah disini saya mencantumkan beberapa format file photoshop yang bisa diolah, dibuka dan disimpan oleh
photoshop.

.PSD
Photoshop Format(PSD) adalah format file standar yang di gunakan Photoshop yang dapat menampung semua feature yang ada di photoshop seperti layer,style dan sebagainya.

.JPEG
Joint Photographic Experts Group(JPEG) adalah format file gambar dengan mode countinous-tone yang di baca di berbagai multimedia dan biasanya di gunakan untuk keperluan presentasi saja,baik secara offline maupun online.File dengan format JPEG/JPG biasanya di gunakan mode warna RGB.Walaupun demikian file JPEG juga bisa menggunakan mode warna CMYK,dan grayscale.walaupun pada aplikasi-aplikasi tertentu format JPEG dengan mode CMYK tidak dapat di tampilkan gambarnya.
Format file JPEG menggunakan kompresi yang sangat tinggi sehingga banyak membuang detil pixel yang ada lossy) sehingga file ini tidak ideal di gunakan untuk gile gambar untuk keperluan pencetakan.

.TIFF
Tagged-Image File Format(TIFF) adalah format file standar yang di gunakan untuk keperluan multi Platform. File ini biasanya di gunakan sebagai format gambar untuk keperluan cetak.Karena kompresi gambarnya tidak terlalu banyak mengurangi kualitas gambar saat penyimpanan file,sehingga format file ini sangat ideal untuk di gunakan sebagai standar file gambar untuk percetakan. Mode warna format TIFF/TIF adalah CMYK atau Grayscale. Format file ini bisa menyimpan layer yang biasa dilihat pada photoshop sehingga format ini sangat sering digunakan untuk percetakan dan offset.

.GIF
Graphisc Interchange Format(GIF) adalah file gambar yang banyak di gunakan untuk keperluan tampilan di internet.karena file ini didesain untuk dapat mengkompres file sehingga ukuran yang sangat minim,sehingga ukuranya menjadi kecil dan ringan untuk akses di jaringan internet. File GIF juga dapat menampung file transparan dan animasi.

.PDF
Portable Document Format(PDF) adalah file yang sangat fleksibel dan multi platform,yang mengandung model gambar postscipt yang dapat menampilkan font,gambar yang bahkan link dengan akurasi detil yang maksimal. File ini standarnya dapar di baca oleh Photoshop atau Acrobat Reader.
Format file ini hanyalah format file yang umum, pada artikel sebelumnya saya sudah membuat artikel sejenis untuk tujuan memaksimalkan pemilihan jenis gambar atau format file image yang ada diphotoshop. Bila Anda berkenan silkan kunjungi pada artikel memilih format file yang tepat untuk image.
Semoga Anda menikmati artikel ini dan jangan lupa bergabung dengan teman-teman yang lain di Facebook AhliDesain, dan ikuti Twitter saya. Jika Anda menyukai artikel-artikel dari saya jangan lupa untuk memasukkannya dalam subscribe ke ahlidesain RSS Feed.

Bila ada yang ditanyakan, saran, tanggapan dan ide kreatif silakan isi pada komentar, saya akan mencoba menjawab secepat dan sebaik mungkin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar